h1

Analisis Investasi UI 2009

January 10, 2010

Analisis Investasi UI 2009

Dalam rangka mewujudkan UI yang mandiri sebagaimana diamanatkan Undang-undang no 9 tahun 2009 tentang Badan Hukum  Pendidikan (BHP) kegiatan investasi  terutama yang berhubungan dengan kegiatan ventura UI memegang peranan  yang sangat penting.UI sebagai BHP dapat melakukan kegiatan investasi portfolio dan mendirikan badan usaha berbadan hukum.Berdasarkan Rencana Kerja dan Anggran Tahunan UI (RKAT UI) kegiatan investasi UI merupakan kegiatan-kegiatan Universitas yang dilakukan dalam rangka meningkatkan nilai atau manfaat asset dan fasilitas Universitas. Kegiatan Investasi terdiri dari belanja aktiva tetap (tanah/pemanfaatan lahan,gedung,peralatan,dll) serta aktiva tak berwujud (hak cipta dan patent atas produk/penelitian UI) .

Kegiatan investasi ini merupakan bagian dari konkretisasi visi dan misi universitas yang dalam pelaksanaanya memperhitungkan aspek-aspek ketersediaan dana,prioritas kebutuhan,manfaat yang dihasilkan dan analisis perhitungan biaya(cost and benefit analysis). Untuk tahun 2009 pengeluaran kegiatan investasi  mendapat alokasi sebesar 12.76% dari total anggaran 2009. Pengeluaran investasi secara signifikan terjadi pada pos belanja modal/investasi yaitu peningkatan utilitas asset, pembangunan laboratorium-laboratorium keilmuan dan peningkatan mutu sarana prasarana pendidikan dan lingkungan kampus.Lalu mengapa aktivitas investasi terlihat di dominasi oleh belanja-belanja yang bersifat fasilitas bukan pengembangan ventura seperti yang diharapkan?. Hal ini terjadi karena UI lebih mengembangkan ventura yang bersifat akademik yakni kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan universitas  dalam bidang akademik yang mempunyai potensi mendatangkan  keuntungan ekonomis,non ekonomis dan mempunyai nilai kebermanfaatan bagi universitas. Seperti riset-riset ,program S1 dan S2,program vokasi, konsultan manajemen, dll.Sehingga pengeluaran investasi lebih didominasi pada belanja modal yang akan memfasilitasi kegiatan akademis.

Berikut-beriktu beberapa investasi yang berkorelaasi dengan ventura akademik

No Nama Kegiatan Nilai
1 Pembangunan Lahan Parkir UI Salemba 60.000.000.000
2 Revitalisasi PSJ 1.700.000.000
3 Peningkatan pelayanan Wisma makara 1.050.000.000
4. Pengembangan Science Park 16.000.000.000
5 Pembanguna ged Pasca Sarjana FEUI 23.000.000.000
6 Persiapan pembangunan Ged Vokasi 3.650.625.000
7 Pembuatan dokumen perencanaan pembangunan RSpendidikan UI 23.318.900.000

Jika dilihat dari pendapatan operasional atas investasi (OIROI) tahun 2009 adalah 79%, artinya dari Rp1 pendapatan operasional universitas dapat dihasilkan dari 79% total asset yang dimiliki.Hal ini menandakan  asset universitas telah secara optimal digunakan untuk meningkatkan pendapatan operasional.Pendapatan operasional di dapat UI dari kegiatan operasional seperti kegiatan pendidikan,maka tidak heran jika UI lebih memilih untuk berinvestasi pada ventura pendidikan  sedangkan ventura non pendidikan (Daya Makara dan Makara Mas) seolah tidak berdaya atau berperan menghasilkan penerimaan bagi UI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: